Home » » Konsep dan Jenis biaya Modal

Konsep dan Jenis biaya Modal

Konsep biaya modal dan jenis biaya modal

Konsep biaya modal penting dalam pembelanjaan perusahaan, karena dapat dipakai untuk menentukan besarnya biaya yang secara riil harus ditanggung oleh perusahan untuk memperoleh modal dari berbagai sumber. Konsep biaya modal erat hubungannya dengan tingkat keuntungan yang disyaratkan (required rate of return). Biaya modal biasanya digunakan sebagai ukuran untuk menentukan diterima atau ditolaknya suatu usulan investasi (sebagai discount rate), yaitu dengan membandingkan rate of return dari usulan investasi tersebut dengan biaya modalnya. Biaya modal dapat diukur dengan “rate of return” minimum dari investasi baru yang dikeluarkan perusahaan, dengan asumsi bahwa tingkat risiko dari investasi baru sama dengan risiko dari aktiva yang dimiliki saat ini.

Jenis - jenis biaya Modal


  • Biaya Modal Idividual

Biaya modal individial adalah biaya modal yang dapat dihitung berdasarkan biaya untuk masing - masing sumber dana. Biaya modal individual mencangkup ;

  1. Biaya Modal Hutang
  2. Biaya Modal Saham Preferen
  3. Ekuitas biasa

  • Biaya Modal Secara Keseluruhan
Biaya modal secara keseluruhan adalah biaya modal yg memperhitungkan seluruh biaya atas modal yang digunakan oleh perusahaan, dalam konsep biaya modal  perusahaan secara keseluruhan (overall cost of capital) bermanfaat dalam penilaian usulan investasi jangka panjang. Untuk menetapkan biaya modal dari perusahaan secara keseluruhan perlu dihitung biaya modal rata-rata tertimbangnya (weighted average cost of capital atau WACC).

Biaya Hutang 
  • Biaya modal hutang jangka pendek
  1. Biaya modal dari hutang perniagaan atau hutang dagang.
  2. Biaya modal dari hutang wesel.
  3. Biaya modal dari kredit bank jangka pendek
  • Biaya modal hutang jangka panjang

Biasanya dana dari hutang jangka pendek tidak dimasukan dalam perhitungan biaya modal rata-rata, karena hutang dagang diperlakukan sebagai arus kas modal kerja bersih dalam proses penganggaran modal, sedangkan hutang wesel dan kredit jangka pendek umumnya merupakan pembelanjaan sementara.

0 komentar:

Posting Komentar