Teori Prilaku Konsumen
Teori ini beranggapan bahwa setiap konsumen akan berusaha memperoleh kepuasan maksimal. Mereka akan berupaya meneruskan pembeliannya terhadap suatu produk apabila memperoleh kepuasan dari produk yang telah dikomsumsinya, dimana kepuasan ini sebanding atau lebih besar dengan
marginal utility yang diturunkan dari pengeluaran yang sama untuk beberapa produk.
Teori ini mendasarkan diri pada faktor - faktor psikologis individu yang dipengaruhi oleh kekuatan - kekuatan lingkungan. Bidang psikologis ini sayang kompleks dalam menganalisa perilaku konsumen, karena proses mental tidak dapat diamati secara langsung.
Teori ini juga menekankan perilaku pembelian
dari suatu kelompok masyarakat yang ruang lingkupnya sangat luas, seperti
kebudayaan, kelas-kelas sosial dan sebagainya.
Catatan; "Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana
individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah
tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang."
0 komentar:
Posting Komentar