Tahapan - tahapan prilaku konsumen
* Tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian.*
1. Pada tahap sebelum pembelian,
konsumen akan melakukan pencarian infotmasi yang terkait dengan produk barang dan jasa tersebut.
2. Pada tahap pembelian,
konsumen akan melalukan pembelian produk
3. Pada tahap setelah pembelian,
konsumen melakukan konsumsi ( penggunaan produk ), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan, atau kegiatan - kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa. Termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan - kegiatan tersebut.
Konsumen
dapat merupakan seorang individu atau pun organisasi, mereka memiliki peran
yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai
initiator, influencer, buyer, payer atau user.
Dalam
upaya untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen. Perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok
yang memiliki kemiripan tertentu, yaitu pengelompokan menurut geografi,
demografi, psikografi, dan perilaku.
Perilaku
konsumen mempelajari di mana, dalam kondisi macam apa, dan bagaimana kebiasaan
seseorang membeli produk tertentu dengan merk tertentu. Kesemuanya ini sangat membantu manajer pemasaran dalam menyusun kebijaksanaan pemasaran perusahaan.
Proses pengambilan keputusan pembelian suatu
barang atau jasa akan melibatkan berbagai pihak, sesuai dengan peran
masing-masing.
(1) Initiator,
adalah individu yang mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu;
(2) Influencer,
adalah individu yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Informasi mengenai
kriteria yang diberikan akan dipertimbangkan baik secara sengaja atau tidak.
(3) Decider,
adalah yang memutuskan apakah akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli,
bagaimana membelinya;
(4) Buyer,
adalah individu yang melakukan transaksi pembelian sesungguhnya;
(5) User,
yaitu individu yang mempergunakan produk atau jasa yang dibeli.
0 komentar:
Posting Komentar