Home » » Tahapan prilaku konsumen

Tahapan prilaku konsumen

Tahapan - tahapan prilaku konsumen

* Tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian.*


1. Pada tahap sebelum pembelian, 
konsumen akan melakukan pencarian infotmasi yang terkait dengan produk barang dan jasa tersebut.
2. Pada tahap pembelian,
 konsumen akan melalukan pembelian produk
3. Pada tahap setelah pembelian, 
konsumen melakukan konsumsi ( penggunaan produk ), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan, atau  kegiatan - kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa. Termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan - kegiatan tersebut.






 


Konsumen dapat merupakan seorang individu atau pun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user.
Dalam upaya untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu, yaitu pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.
Perilaku konsumen mempelajari di mana, dalam kondisi macam apa, dan bagaimana kebiasaan seseorang membeli produk tertentu dengan merk tertentu. Kesemuanya ini sangat membantu manajer pemasaran dalam menyusun kebijaksanaan pemasaran perusahaan.
Proses pengambilan keputusan pembelian suatu barang atau jasa akan melibatkan berbagai pihak, sesuai dengan peran masing-masing.

Peran yang dilakukan tersebut adalah;

 (1)   Initiator, adalah individu yang mempunyai inisiatif pembelian barang tertentu;

 (2)  Influencer, adalah individu yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Informasi mengenai kriteria yang diberikan akan dipertimbangkan baik secara sengaja atau tidak.

 (3)  Decider, adalah yang memutuskan apakah akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli, bagaimana membelinya;
 (4) Buyer, adalah individu yang melakukan transaksi pembelian sesungguhnya;

 (5) User, yaitu individu yang mempergunakan produk atau jasa yang dibeli.


0 komentar:

Posting Komentar